26 April, 2011

#LiberalisasiQuran

20 April 2011

01. Setelah Jum’at lalu kita bicara ttg #LiberalisasiBibel, dan Senin ttg #Hermeneutika, skrg masuk bahasan #LiberalisasiQuran.
02. Gelombang sekularisme telah mendorong terjadinya #LiberalisasiBibel, memicu lahirnya #Hermeneutika. #LiberalisasiQuran
03. Pada akhirnya, gelombang yg sama jg mendorong terjadinya #LiberalisasiQuran.
04. Ini berkaitan erat dgn adanya ‘perubahan iman’ kaum orientalis setelah sekularisme melanda Barat. #LiberalisasiQuran
05. Flashback sedikit ke masa ketika Al-Qur’an diturunkan, Al-Qur’an sendiri sejak awal telah ‘menebar tantangan’. #LiberalisasiQuran
06. Tantangan yg dimaksud yaitu tantangan utk membuat tandingan Al-Qur’an. Lihat misalnya QS [2]:23. #LiberalisasiQuran
07. Sebagian masy. Arab langsung ‘tahu diri’. Mrk tahu Qur’an bukan jampi2 sihir dan bukan pula syair. #LiberalisasiQuran
08. Para penyair lidahnya kelu di hadapan Al-Qur’an. Merekalah yg saat itu paling tahu kebesaran Al-Qur’an. #LiberalisasiQuran
09. Ada jg yg benar2 berusaha menjawab tantangan Al-Qur’an tsb. Misalnya Musailamah si nabi palsu. #LiberalisasiQuran
10. Musailamah berusaha membuat surat2 yg menandingi Al-Qur’an, misalnya Al-‘Aadiyaat. #LiberalisasiQuran
11. Surat karangannya itu bercerita ttg perempuan penumbuk roti, tukang bubur, pelacur dsb. #LiberalisasiQuran
12. Sudah barang tentu, kualitasnya terlalu jauh utk diperbandingkan dgn Al-Qur’an. #LiberalisasiQuran
13. Bbrp gubahan Musailamah bs dilihat di buku "At-Tibyan" karya Muhammad Ali ash-Shabuny. #LiberalisasiQuran
14. Di sisi lain, golongan Ahli Kitab menjadi barisan yg paling sakit hati kepada Al-Qur’an. #LiberalisasiQuran
15. Pdhal, Al-Qur’an justru membenarkan Taurat dan Injil. Namun mrk sendiri yg menolaknya. #LiberalisasiQuran
16. Salah satu sebabnya adalah krn Al-Qur’an membeberkan kejahatan2 mrk. Lihat QS [9]:30. #LiberalisasiQuran
17. Selain itu, kaum Bani Israil mmg sulit menerima kehadiran Rasulullah saw yg bukan dr golongan mrk. #LiberalisasiQuran
18. Maka sejak saat itu muncullah perlawanan umat Nasrani dan Yahudi thd Al-Qur’an. #LiberalisasiQuran
19. Ada sumber yg mengatakan bhw Leo III, kaisar Byzantium, pernah berkorespondensi dgn Umar bin Abdul Aziz. #LiberalisasiQuran
20. Dlm surat-menyurat itu, Leo III menuduh Al-Qur’an telah diubah2 oleh Al-Hajjaj. #LiberalisasiQuran
21. Namun tak sedikit ahli sejarah yg menyangsikan bhw Leo III benar2 pernah melakukan korespondensi itu. #LiberalisasiQuran
22. John of Damascus datang kemudian, menulis sebuah buku ttg sekte2 bid’ah Kristen. Islam di posisi terakhir. #LiberalisasiQuran
23. Dlm buku itu, Al-Qur’an dikatakan penuh cerita2 bodoh, Islam membolehkan lelaki punya 1000 selir dst. #LiberalisasiQuran
24. Peter the Venerable merintis ‘Islamic Studies’ di kalangan umat Kristen. #LiberalisasiQuran
25. Dlm waktu singkat lahirlah terjemahan Qur’an dlm bahasa Latin karya Robert of Ketton. #LiberalisasiQuran
26. Terjemahan ini banyak mengandung kesalahan fatal, namun jadi rujukan ratusan tahun lamanya. #LiberalisasiQuran
27. Ricoldo de Monte Croce berpendapat bhw Qur’an adalah gubahan setan, anti-Kristus. Martin Luther setuju. #LiberalisasiQuran
28. Menurut Ricoldo, Qur’an terbukti tdk sistematis dan kisah2nya tdk menggunakan periodisasi raja2. #LiberalisasiQuran
29. Ia jg menganggap Qur’an tdk senonoh krn mengandung kata “zina”. #LiberalisasiQuran
30. Selain itu, Qur’an dianggap tdk akurat krn kisah2nya tdk sejalan dgn Bibel. #LiberalisasiQuran
31. Pandangan2 semacam ini mendominasi Barat hingga berabad2 lamanya. #LiberalisasiQuran
32. Demikianlah orientalis di masa lampau menilai Al-Qur’an dgn menjadikan Bibel sbg acuan utamanya. #LiberalisasiQuran
33. Apa yg terjadi ketika sekularisme menghegemoni? Ini perkembangan yg menarik! #LiberalisasiQuran
34. Jika dulunya mereka menyerang Al-Qur’an dgn keyakinan bahwa Bibel mutlak benar, kini kondisinya berbeda. #LiberalisasiQuran
35. Jika sebelumnya Orientalisme berusaha mendiskreditkan Qur’an, kini mrk berusaha mendekonstruksinya. #LiberalisasiQuran


36. Sbgmn mrk telah lakukan #LiberalisasiBibel dgn #Hermeneutika, maka Qur’an pun hendak diperlakukan sama. #LiberalisasiQuran
37. Sebagaimana Bibel, mereka pun menganggap Qur’an sbg gubahan manusia. #LiberalisasiQuran
38. Karena tertuduh utamanya adalah Rasulullah saw., maka latar belakangnyalah yg diutak-atik. #LiberalisasiQuran
39. Muncullah kesimpulan bhw Qur’an mengambil kisah2 dr tradisi Yahudi, legenda2 Arab klasik dst. #LiberalisasiQuran
40. Muncul pula kesimpulan bhw Rasulullah saw belajar dr Pendeta Bahira atau oknum2 lainnya. #LiberalisasiQuran
41. Arthur Jeffery menghimpun ribuan naskah Qur’an yg diklaimnya berbeda dgn Mushhaf Utsmani. #LiberalisasiQuran
42. Usahanya bertahun2 gagal krn perpustakaannya hancur ketika kotanya dibom sekutu dlm PD II. #LiberalisasiQuran
43. Ada pula Luxenberg (nama samaran) yg anggap bhw bahasa asli al-Qur’an adalah Syro-Aramaik. #LiberalisasiQuran
44. Kesalahan orientalis kontemporer ini terutama krn menganggap Qur’an sbg “teks”, bukan “bacaan”. #LiberalisasiQuran
45. Sejak awal, Qur’an dijaga dgn hapalan, bukan sekedar dokumentasi tertulis. #LiberalisasiQuran
46. Sebab, standardisasi tulisan bhs Arab mmg dahulu belum ada. #LiberalisasiQuran
47. Simbol titik yg membedakan ba’ dgn ta’ misalnya, baru ada pada jaman Khalifah Utsman ra. #LiberalisasiQuran
48. Akan tetapi, meskipun cara penulisannya tdk terstandardisasi, namun hapalanlah yg jadi acuan. #LiberalisasiQuran
49. Selain itu, catatan2 Qur’an para sahabat biasanya jg memuat catatan kaki yg mrk buat sendiri. #LiberalisasiQuran
50. Mrk yg hapal Qur’an pasti tahu bhw teks catatan kaki tsb bukan ayat Qur’an. Tapi Jeffery tdk tahu. #LiberalisasiQuran
51. Demikian jg Luxenberg bisa mengganti ba’ dgn ta’ krn menyangka letak titiknya salah. #LiberalisasiQuran
52. Padahal umat Islam yg menghapal Qur’an semua tahu bacaan mana yg benar. #LiberalisasiQuran
53. Tokoh yg membawa #Hermeneutika dlm khazanah Islam antara lain M. Arkoun dan Nasr Hamid Abu Zayd. #LiberalisasiQuran
54. Arkoun terkenal krn teori dekonstruksinya. Semua didekonstruksi. Anti kemapanan. #LiberalisasiQuran
55. Menurutnya, segala yg dianggap tabu, dilarang, diharamkan, adalah hasil dr propaganda tertentu. #LiberalisasiQuran
56. Krn itu, hal2 yg demikian perlu diperdebatkan kembali (didekonstruksi), agar bisa dipahami dgn lbh baik. #LiberalisasiQuran
57. Nasr Hamid Abu Zayd menekankan pada aspek sastra dan historisitas Al-Qur’an. #LiberalisasiQuran
58. Menurutnya, biarpun wahyu itu suci dan absolut, namun ia ditulis dlm bahasa manusia. #LiberalisasiQuran
59. Krn ditulis dgn bahasa manusia, maka ia jadi produk budaya, sbgmn bahasa itu sendiri. #LiberalisasiQuran
60. Dgn kata lain, ayat2 Al-Qur’an hrs dipandang memiliki konteks sejarahnya. Tdk berlaku selamanya. #LiberalisasiQuran
61. Kita dpt dgn mudah melihat bhw #LiberalisasiQuran dilakukan dgn metode #Hermeneutika yg sama spt di Barat.
62. Semangat #LiberalisasiQuran sama persis seperti semangat yg mendasari #LiberalisasiBibel.
63. Kita dpt dgn mudah melihat gejala2nya, mulai dari hal2 yg kecil. #LiberalisasiQuran
64. Misalnya, hilangnya adab thd Nabi. Sebab beliau dianggap punya kepentingan dlm ‘menulis’ al-Qur’an. #LiberalisasiQuran
65. Akibatnya, kaum liberalis seringkali hny menyebut “Muhammad”, tidak menyebutnya “Nabi” atau bershalawat. #LiberalisasiQuran
66. Sbgmn masy Barat memandang para penulis Bibel, kaum liberalis jg menganggap Rasulullah saw tidak ma’shum. #LiberalisasiQuran
67. Parahnya lagi, kaum liberalis bahkan menganggap bhw sebagian kisah dlm Qur’an adalah fiksi, alias mitos. #LiberalisasiQuran
68. #Hermeneutika kini menjadi materi wajib di kampus2 UIN/IAIN. #LiberalisasiQuran
69. Dlm silabus di salah 1 kampus UIN dikatakan bhw metode orientalis mmg sengaja diajarkan. #LiberalisasiQuran
70. Akan tetapi, tujuannya bukan utk membantah metode2 tsb. #LiberalisasiQuran
71. Sebaliknya, tujuannya adalah agar bisa mengaplikasikannya pd al-Qur’an. #LiberalisasiQuran
72. Jelas, dlm hal ini sekularisasi mahasiswa2 IAIN/UIN dilakukan secara represif. #LiberalisasiQuran
73. Meskipun dipaksakan sedemikian rupa, pengajaran #Hermeneutika hingga detik ini toh tdk membuahkan hasil. #LiberalisasiQuran
74. Mereka yg memuja2 #Hermeneutikamengatakan bhw metode ini adalah cara terbaik utk menafsirkan Qur’an. #LiberalisasiQuran
75. Pernah lihat kitab tafsir yg menggunakan #Hermeneutika dari Al-Fatihah sampai An-Naas? Tidak ada! #LiberalisasiQuran
76. Dari sekian banyak mahasiswa yg dipaksa belajar #Hermeneutika, tak ada yg jadi ahli tafsir hermeneutis. #LiberalisasiQuran
77. So far, #Hermeneutika hanya jadi wacana. Kebesarannya pun cuma wacana. Tak ada bukti empiris. #LiberalisasiQuran
78. Kegagalan ini terjadi karena #LiberalisasiQuran memang memiliki dasar pemikiran yg parsial. Sama seperti Islam liberal.
79. Pemikiran yg dihasilkan pun hanya tambal sulam. Tambal sana tambal sini. #LiberalisasiQuran
80. Berbeda dgn ajaran Islam yg sebenarnya yg merupakan jalinan yg utuh, terangkai dgn indah dan kuat. #LiberalisasiQuran
81. Tdk bisa merusak satu konsep dlm Islam atau satu ayat dlm Qur’an tanpa berhadapan dgn ajaran Islam lainnya. #LiberalisasiQuran
82. Kalau mau melakukan #LiberalisasiQuran, maka semuanya harus dibongkar. Tentu bukan Qur’an lagi namanya.
83. Semoga Allah melindungi kita dari kebodohan dan pembodohan semacam ini. Aamiin... #LiberalisasiQuran

0 comments:

Post a Comment

Untuk pertanyaan seputar isi kultwit silakan mention akun yang bersangkutan.
Terima kasih..

related post

 
Copyright © Kumpul Kultwit. All Rights Reserved.
Blogger Template designed by Simple Blogger Tutorials.