28 April, 2011

#batuk

1. Siapa yg tdk kenal batuk, menjengkelkan bukan? Batuk adalah keluhan yang paling umum yg membuat seseorang ke dokter.
2. Batuk adalah gejala penyakit yg sangat umum. Bisa disebabkan oleh iritasi ringan sampai infeksi berat pada saluran nafas. 
3. Batuk adalah mekanisme prtahanan tubuh saat sesuatu mngiritasi saluran nafas. Sesuatu itu bisa apa saja, debu, bau2an, dahak, dll. 
4. Batuk sgt penting bagi manusia, tanpa batuk, partikel2 kecil yg mengandung kuman bisa mengendap di saluran nafas dn brmasalah. 
5. Mekanisme batuk melibatkan saluran nafas, kotak suara, otot2 diafragma dan perut. Keseringan batuk dpt mmbuat organ2 ini sakit.
6. Kebanyakan batuk akan hilang sendiri begitu saluran nafas berhasil dibersihkan. Namun tdk sedikit yg menetap bahkan brtahun2. 
7. Selesma atau common cold adalah penyakit yg paling sering menyebabkan batuk akut. Batuk akibat selesma akan sembuh dlm 2-3 mgg. 
8. Selesma sendiri akan sembuh dlm 1 minggu, namun batuk akan tetap ada sampai saluran nafas benar2 bebas radang. 
9. Batuk akibat cold atau selesma dapat sembuh dg baik walau tanpa obat, kecuali batuk itu sgt menganggu. 
10. Disebut batuk khronis jika keluhan batuk berlangsung lama lebih dari 4 minggu. Pnybabnya brvariasi, dari yg ringan sampai berat.
11. Batuk juga bisa tjd musiman. Hal ini umumnya krn alergi, misal alergi dingin maka batuk kumat saat musim hujan. Dmkian pula asma. 
12. Batuk juga bisa disebabkan oleh obat anti hipertensi golongan ace inhibitor. Batuk akan hilang jika obat dihentikan. 
13. Selain refleks, batuk juga bisa dibuat misalnya orang yng sering 'ehem ehem' utk mmbersihkan saluran nafas saat akan bicara.
14. Jenis batuk yg paling sering adalah batuk yg sulit dikontrol dn sngat mnganggu aktifitas harian. Ada jg yg brhubungan dg pnyakit.
15. Batuk kering adalah batuk yang tidak mengeluarkan apa2 dari paru2 selain udara. Batuk ini umumnya tjd pada penderita cold/selesma.
16. Batuk kering juga kerap melanda perokok pd tahap awal tjdnya gangguan fungsi paru dan bbrp pdrt asma. 
17. Normalnya, dahak berfungsi melembabkan saluran nafas dn mmbuat saluran ini tetap bersih. Pd cold dn flu dahak umumnya jernih. 
18. Batuk dg dahak yg banyak dg brbgai mcm warna sepanjang hari berbulan2 kemungkinan akibat bronchitis khronis. 
19. Batuk dg dahak kehijauan trutama pd anak2 menandakan adanya infeksi bakteri. Segera ke dokter. 
20. Batuk dg dahak berwarna (hijau, cokelat atau kuning) juga menandakan suatu penyakit serius spt radang paru2 atau pneumonia. 
21. Batuk berdahak yang harus selalu dianggap serius adalah bila dahak yg keluar bercampur darah. 
22. Batuk darah bisa disebabkan oleh radang paru2, TBC, penyakit paru menahun dan kanker paru. Sbrppun jmlah darahnya sgr ke dokter.
23. Siapapun anda bila anda prokok, jgn anggap remeh batuk2 yg brlangsung lama. Sgeralah ke dokter utk memastikan kesehatan paru anda.
24. Batuk disertai dgn nafas pendek kemungkinan krn penyakit paru obstruktif menahun (COPD). Tjd pd usia lanjut dn perokok. 
25. Batuk disertai demam bisa jd mrpkn tanda infeksi. Bisa infeksi virus ringan atau berat spt pneumonia, TBC dll. 
26. Batuk yg disertai nyeri pd ulu hati kemungkinan akibat naiknya asam lambung ke esopagus atau GERD. 
27. Selain pmriksaan fisik pd paru, dokter jg akan mlakukan pmriksaan ronsen/CT Scan dada jika diprlukan utk memastikan pnyebab batuk.

0 comments:

Post a Comment

Untuk pertanyaan seputar isi kultwit silakan mention akun yang bersangkutan.
Terima kasih..

related post

 
Copyright © Kumpul Kultwit. All Rights Reserved.
Blogger Template designed by Simple Blogger Tutorials.