01. Pada hari Senin malam, 5 Sep 2011, TVOne menyiarkan liputan ttg Buya #HAMKA
02. Nama #HAMKA adalah singkatan dari Haji Abdul Malik Karim Amrullah. Nama kecilnya Abdul Malik.
03. Ayahandanya, Syaikh Abdul Karim Amrullah, ulama besar Minangkabau, adalah guru pertamanya. #HAMKA
04. Syaikh Abdul Karim Amrullah adalah murid dr Syaikh Ahmad Khatib al-Minangkabawi, imam Masjidil Haram asli Minang. #HAMKA
05. Selain kpd ayahnya, #HAMKA belajar serba-serbi pergerakan nasional dr HOS Cokroaminoto.
06. Syaikh Abdul Karim Amrullah bersahabat lekat dgn Syaikh Jamil Jambek, ulama Minang besar lainnya. #HAMKA
07. Bersama sahabat2nya, Syaikh Abdul Karim Amrullah mengelola majalah Al-Munir. #HAMKA
08. KH Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah, adalah penikmat tulisan2 di majalah Al-Munir. #HAMKA
09. KH Ahmad Dahlan menerjemahkan tulisan2 tsb agar dibaca oleh masyarakat Jawa. #HAMKA
10. Pd th 1917, Syaikh Abdul Karim Amrullah melawat ke Jawa, menjadi tamu KH Ahmad Dahlan. #HAMKA
11. Sejak saat itu, beliau menjadi pendukung Muhammadiyah. Meski tak pernah resmi menjadi anggotanya. #HAMKA
12. Menantunya (kakak ipar #HAMKA), yaitu AR St. Mansur, adalah tokoh besar Muhammadiyah.
13. Kiai Haji Mas Mansur, tokoh besar Muhammadiyah, sangat segan pd beliau. #HAMKA
14. Maka boleh dikatakan, Buya #HAMKAsejak kecil hingga dewasa telah terbina dlm lingkungan ulama.
15. Meski demikian, #HAMKA sendiri mengaku kurang dekat dgn ayahnya di masa kecilnya.
16. Perubahan terjadi ketika #HAMKAmemasuki masa remaja.
17. Sepulangnya dari Mesir, Sang Ayah dikejutkan dgn musibah gempa di Padang Panjang. #HAMKA
18. Banyak kerugian yg diderita keluarganya, sehingga Syaikh Abdul Karim sangat bersedih. #HAMKA
19. Betapa terkejutnya ia ketika menerima berita tentang #HAMKA pada saat itu.
20. Rupanya, #HAMKA diam2 pergi sendiri utk menunaikan ibadah haji. Ongkos sendiri.
21. Bukan main bangganya beliau, karena putranya mampu melakukan hal tsb tanpa merepotkan orang tua sedikitpun. #HAMKA
22. Sejak saat itulah terbina hubungan yg lekat antara ayah dan anak. #HAMKA selalu dibanggakan.
23. Baik #HAMKA maupun ayahnya adalah ulama kebanggaan Muhammadiyah dan masy. Minangkabau.
24. #HAMKA pernah mengatakan bhw tersebarnya Muhammadiyah ke seantero Sumatera adalah prestasi ayahnya.
25. Hanya ada sedikit perbedaan yg mencolok antara #HAMKA dan ayahandanya.
26. Syaikh Abdul Karim Amrullah adalah ulama yg sangat keras hati, seringkali pemberang. #HAMKA
27. Kekerasan hatinya itulah yg justru menjadi salah satu daya tarik beliau. #HAMKA
28. Ketika Jepang berkuasa, para ulama dan tokoh masyarakat pernah dikumpulkan di suatu tempat. #HAMKA
29. Sesuai kebiasaan Jepang, acara dimulai dgn penghormatan dgn gerakan ruku’ ke arah istana Kaisar. #HAMKA
30. Ketika aba2 dikumandangkan, semua berdiri dan ruku’. Hanya 1 yg tetap di tempat duduknya. #HAMKA
31. Itulah Syaikh Abdul Karim Amrullah, ulama kebanggaan Minangkabau. #HAMKA
32. Maka ulama mana pun, meski berselisih pendapat dgnnya, pastilah hormat pd beliau. #HAMKA
33. Buya #HAMKA, sebaliknya, justru dikenal org sebagai ulama yg sangat lembut.
34. Meski demikian, beliau pun teguh memegang prinsip. Misalnya dlm membela fatwa haram perayaan Natal bersama. #HAMKA
35. Itulah sekelumit kisah ttg latar belakang pribadi Buya #HAMKA, keluarga dan para ulama di sekitarnya.
36. Selain sbg ulama besar, #HAMKA juga dikenal sbg penulis yang sangat produktif.
37. “Tafsir Al-Azhar”, tentu saja, dianggap sbg masterpiece beliau. #HAMKAlockerz.com/s/136285214
38. Beliau jg menulis buku “Sejarah Umat Islam” yg luar biasa tebal dan komprehensif. #HAMKA lockerz.com/s/136285327
39. Berikut ini adalah sebagian buku karya beliau yg telah berhasil sy dapatkan. #HAMKA lockerz.com/s/136285410
40. Dari keseluruhan karya sastranya, hanya empat ini yg sdh sy miliki. #HAMKA lockerz.com/s/136285510
41. Sepeninggal beliau, lahir pula karya2 yg membicarakan figur #HAMKA. lockerz.com/s/136285631
42. Kebesaran beliau diakui tdk hanya di tanah air, namun sampai ke Malaysia, Singapura dan Brunei. #HAMKA
43. Hingga sekarang, buku2 #HAMKA masih dicetak ulang dan didiskusikan di negeri2 jiran tsb.
44. Di Mesir, orasinya ttg Syaikh Muhammad ‘Abduh membuatnya diganjar gelar doktor kehormatan. #HAMKA
45. Buya #HAMKA adalah ulama berlevel internasional yg sangat jarang dimiliki oleh bangsa Indonesia.
46. Krn itu, kita pun maklum jika kalangan liberalis berusaha keras utk mencatut nama besar #HAMKA.
47. Langkah ini mmg sangat strategis, terutama jika masyarakat mudah saja dibodohi. #HAMKA
48. Masalahnya, karya2 beliau sudah sulit sekali diperoleh. Banyak yg tdk tahu persis pemikiran #HAMKA.
49. Oleh krn itu, jika ada yg bilang “#HAMKAitu pluralis”, maka bisa jadi akan ada saja yg percaya.
50. Tentu saja, yg percaya begitu saja tanpa mengecek adalah kalangan non-intelek dan non-akademisi. #HAMKA
51. Setelah menyaksikan tayangan di TVOne semalam, @Adefsurya dgn ‘sigap’ membuat ‘kultwit singkat’ seputar #HAMKA.
52. Seperti biasa, yg menjadi ‘sasaran tembaknya’ adalah segala sesuatu yg berbau Arab. #HAMKA
53. Kita dapat melihat ‘kultwit’ @Adefsurya di link ini. #HAMKA on.fb.me/mRXrVH
54. Sepertinya @Adefsurya tdk siap utk membahas masalah pemikiran, krn yg dibahas hanya pakaian. #HAMKA
55. Sangat disayangkan, dari keseluruhan tayangan tsb, yg diperhatikan hanya soal baju batik dan kopiah #HAMKA.
56. Tentu saja, tidaklah tepat jika figur Buya #HAMKA dijadikan referensi utk sikap anti-Arab.
57. Sebab, Buya #HAMKA juga seringkali mengenakan jubah dan sorban. Ini contohnya. lockerz.com/s/136286839
58. Memang benar, ketika #HAMKA muda, ada perdebatan soal budaya berpakaian.
59. Ada yg berpendapat bhw dasi, celana panjang dan jas adalah pakaian yg menyerupai kebiasaan org2 kafir. #HAMKA
60. Dlm hal ini, #HAMKA dan ayahnya sangat keras menentang. Krn tidak ada dasar yg kuat dr pendapat itu.
61. Akan tetapi, kesimpulannya tdk boleh dibalik. Bukan berarti jubah dan sorban itu salah. #HAMKA
62. Bahkan #HAMKA sendiri bercerita bhw ketika org mulai bisa menerima jas dan celana, ia dan ayahnya pun kembali pd jubah dan sorban.
63. Baik celana dan jas maupun jubah dan sorban, semuanya bisa Islami, asal memenuhi syarat2nya. #HAMKA
64. Anehnya lagi, @Adefsurya dgn sangat tdk akurat menyebut ayahanda #HAMKA sbg org Arab tulen.
65. Barangkali ia keliru dgn fakta bhw Syaikh Abdul Karim Amrullah lama belajar di Mekkah. #HAMKA
66. Dalam buku “Ayahku”, #HAMKA telah bercerita panjang lebar mengenai garis keturunan ayahnya.
67. #HAMKA merunut dari ‘Abdullah ‘Arif yg bergelar Tuanku Pauh atau Tuanku Nan Tuo.
68. Tuanku Nan Tuo ini adalah salah seorang tokoh dlm Perang Paderi. #HAMKA
69. Anak perempuan Tuanku Nan Tuo, yaitu Saerah, menikah dgn ‘Abdullah Saleh. #HAMKA
70. Pernikahan ini melahirkan ‘Amrullah, yg kemudian diberi gelar Tuanku Kisai. #HAMKA
71. Tuanku Kisai adalah sahabat Syaikh Ahmad Khatib al-Minangkabawi. #HAMKA
72. Ketika anaknya, Abdul Karim Amrullah, beranjak remaja, ia dikirim belajar ke Mekkah. #HAMKA
73. Kita dpt melihat sendiri bahwa nenek moyang #HAMKA adalah asli Minang, bila ditelusuri hingga Tuanku Nan Tuo.
74. Oleh krn itu, klaim ‘Arab tulen’ dari @Adefsurya kedengaran begitu mengada-ada. #HAMKA
75. Utk membela Ahmadiyah, @Adefsuryamenjelaskan bhw aliran ini dibawa oleh 3 org murid Sumatera Thawalib. #HAMKA
76. Sumatera Thawalib adalah lembaga pendidikan yg dirintis oleh ayahanda #HAMKA dkk.
77. Selain “Tafsir Al-Azhar”, ada 3 buku karya #HAMKA yg menjelaskan ttg Ahmadiyah.lockerz.com/s/136287864
78. Dlm buku “Pelajaran Agama Islam”, #HAMKA menjelaskan ttg sejarah masuknya Ahmadiyah. lockerz.com/s/136287989
79. Di situ, #HAMKA mengatakan bhw Ahmadiyah tdk diacuhkan oleh masy. Sumatera, krn aliran ini anti-jihad.
80. Pdhal, saat itu seruan jihad melawan penjajah membahana di seantero negeri. #HAMKA
81. Dgn kata lain, Ahmadiyah tdk terlibat dlm jihad membebaskan negeri ini. #HAMKA
82. #HAMKA jg menjelaskan ttg 2 org pengurus Muhammadiyah yg sempat terjerat ajarannya.
83. Menurut #HAMKA, kedua org tsb mmg asalnya “Ngabangan”, alias tdk mendalam pemahaman keislamannya.
84. Dlm buku “Pelajaran Agama Islam”, #HAMKA panjang lebar bercerita hingga sampai pd kesimpulan bhw Ahmadiyah itu sesat.
85. Mereka yg mengaku nabi sesudah Rasulullah saw adalah kafir, demikian pula pengikutnya. #HAMKA
86. Pd buku “Ayahku”, #HAMKA jg bercerita ttg interaksi Sang Ayah dgn Ahmadiyah.lockerz.com/s/136288281
87. Di buku itu, #HAMKA mencatat bhw ayahnya pernah menulis buku berjudul “Qaulun Shahih” utk membantah Ahmadiyah.
88. Dlm buku “Hamka Membahas Soal-soal Islam”, jg ada komentar #HAMKA ttg Ahmadiyah. lockerz.com/s/136288455
89. Mnrtnya, Mirza Ghulam Ahmad tdk layak sbg nabi, bahkan sbg mujaddid pun hrs ditolak. #HAMKA
90. Sebab, mujaddid tdk akan mengubah2 ajaran agama. Apalagi merevisi syariat jihad. #HAMKA
91. @Adefsurya jg menyebutkan bhw di jaman #HAMKA, Ahmadiyah hidup aman.
92. Komentar ini memang benar, namun ia lupa menimbang sebabnya. #HAMKA
93. Dlm buku “Pelajaran Agama Islam” dan “Hamka Membahas Soal-soal Islam”, hal ini telah dijelaskan. #HAMKA
94. #HAMKA menyatakan dgn jelas bhw Ahmadiyah adalah agama di luar Islam.
95. Oleh krn itu, sikap kita thd Ahmadiyah sama spt sikap kita thd agama2 lainnya. #HAMKA
96. Dgn kata lain, toleransi diberikan tanpa memberikan pembenaran pd ajaran2 agamanya. #HAMKA
97. Sikap ini jelas berbeda dgn sikap kaum liberalis yg mengusung ‘toleransi’ tanpa kejelasan aqidah. #HAMKA
98. @Adefsurya pun menyindir dgn melihat fakta bhw pd jaman #HAMKA, jilbab besar tdk terlihat.
99. Sayangnya, lagi2 pisau analisisnya sangat tumpul. Tdk ada penelaahan yg mendalam mengenai fenomena yg diteliti. #HAMKA
100. Yg jelas, dalam hal ini kaum liberalis memang menerapkan standar ganda. #HAMKA
101. Jika jilbab dianggap budaya asing, maka bukankah gaya berpakaian terbuka adalah budaya asing juga? #HAMKA
102. Sebagaimana jilbab besar tdk ditemukan di jaman #HAMKA, bukankah tanktop pun tdk ditemukan pd jaman itu?
103. Tapi mengapa kaum liberalis tdk bersikap keras thd tanktop? Adakah hawa nafsu berbicara? #HAMKA
104. Kaum liberalis sering menyuarakan ‘perubahan’. Jadi apa salahnya beralih ke jilbab? #HAMKA
105. Inilah salah satu bentuk sikap #plinplankaum liberalis. Tdk ada sikap yg jelas utk menyikapi relasi antara agama dan budaya. #HAMKA
106. Hari ini, cucu Buya #HAMKA, yaitu Yousran Rusydi, telah menyebut @Adefsurya manipulatif di wall FB.lockerz.com/s/136289250
107. Demikianlah kultwit ‘singkat’ ttg Buya #HAMKA. Semoga Allah melahirkan Hamka-Hamka berikutnya di negeri ini.
108. Semoga kt dpt menarik pelajaran sebanyak2nya dari #HAMKA dan melindunginya dr fitnah keji kaum liberalis.
109. Aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin… Kami bersaksi bhw Buya #HAMKA adalah ulama yg lurus dan telah jalankan tugasnya.
http://twitter.com/malakmalakmal/status/110969461187678208
39. Berikut ini adalah sebagian buku karya beliau yg telah berhasil sy dapatkan. #HAMKA lockerz.com/s/136285410
40. Dari keseluruhan karya sastranya, hanya empat ini yg sdh sy miliki. #HAMKA lockerz.com/s/136285510
41. Sepeninggal beliau, lahir pula karya2 yg membicarakan figur #HAMKA. lockerz.com/s/136285631
42. Kebesaran beliau diakui tdk hanya di tanah air, namun sampai ke Malaysia, Singapura dan Brunei. #HAMKA
43. Hingga sekarang, buku2 #HAMKA masih dicetak ulang dan didiskusikan di negeri2 jiran tsb.
44. Di Mesir, orasinya ttg Syaikh Muhammad ‘Abduh membuatnya diganjar gelar doktor kehormatan. #HAMKA
45. Buya #HAMKA adalah ulama berlevel internasional yg sangat jarang dimiliki oleh bangsa Indonesia.
46. Krn itu, kita pun maklum jika kalangan liberalis berusaha keras utk mencatut nama besar #HAMKA.
47. Langkah ini mmg sangat strategis, terutama jika masyarakat mudah saja dibodohi. #HAMKA
48. Masalahnya, karya2 beliau sudah sulit sekali diperoleh. Banyak yg tdk tahu persis pemikiran #HAMKA.
49. Oleh krn itu, jika ada yg bilang “#HAMKAitu pluralis”, maka bisa jadi akan ada saja yg percaya.
50. Tentu saja, yg percaya begitu saja tanpa mengecek adalah kalangan non-intelek dan non-akademisi. #HAMKA
51. Setelah menyaksikan tayangan di TVOne semalam, @Adefsurya dgn ‘sigap’ membuat ‘kultwit singkat’ seputar #HAMKA.
52. Seperti biasa, yg menjadi ‘sasaran tembaknya’ adalah segala sesuatu yg berbau Arab. #HAMKA
53. Kita dapat melihat ‘kultwit’ @Adefsurya di link ini. #HAMKA on.fb.me/mRXrVH
54. Sepertinya @Adefsurya tdk siap utk membahas masalah pemikiran, krn yg dibahas hanya pakaian. #HAMKA
55. Sangat disayangkan, dari keseluruhan tayangan tsb, yg diperhatikan hanya soal baju batik dan kopiah #HAMKA.
56. Tentu saja, tidaklah tepat jika figur Buya #HAMKA dijadikan referensi utk sikap anti-Arab.
57. Sebab, Buya #HAMKA juga seringkali mengenakan jubah dan sorban. Ini contohnya. lockerz.com/s/136286839
58. Memang benar, ketika #HAMKA muda, ada perdebatan soal budaya berpakaian.
59. Ada yg berpendapat bhw dasi, celana panjang dan jas adalah pakaian yg menyerupai kebiasaan org2 kafir. #HAMKA
60. Dlm hal ini, #HAMKA dan ayahnya sangat keras menentang. Krn tidak ada dasar yg kuat dr pendapat itu.
61. Akan tetapi, kesimpulannya tdk boleh dibalik. Bukan berarti jubah dan sorban itu salah. #HAMKA
62. Bahkan #HAMKA sendiri bercerita bhw ketika org mulai bisa menerima jas dan celana, ia dan ayahnya pun kembali pd jubah dan sorban.
63. Baik celana dan jas maupun jubah dan sorban, semuanya bisa Islami, asal memenuhi syarat2nya. #HAMKA
64. Anehnya lagi, @Adefsurya dgn sangat tdk akurat menyebut ayahanda #HAMKA sbg org Arab tulen.
65. Barangkali ia keliru dgn fakta bhw Syaikh Abdul Karim Amrullah lama belajar di Mekkah. #HAMKA
66. Dalam buku “Ayahku”, #HAMKA telah bercerita panjang lebar mengenai garis keturunan ayahnya.
67. #HAMKA merunut dari ‘Abdullah ‘Arif yg bergelar Tuanku Pauh atau Tuanku Nan Tuo.
68. Tuanku Nan Tuo ini adalah salah seorang tokoh dlm Perang Paderi. #HAMKA
69. Anak perempuan Tuanku Nan Tuo, yaitu Saerah, menikah dgn ‘Abdullah Saleh. #HAMKA
70. Pernikahan ini melahirkan ‘Amrullah, yg kemudian diberi gelar Tuanku Kisai. #HAMKA
71. Tuanku Kisai adalah sahabat Syaikh Ahmad Khatib al-Minangkabawi. #HAMKA
72. Ketika anaknya, Abdul Karim Amrullah, beranjak remaja, ia dikirim belajar ke Mekkah. #HAMKA
73. Kita dpt melihat sendiri bahwa nenek moyang #HAMKA adalah asli Minang, bila ditelusuri hingga Tuanku Nan Tuo.
74. Oleh krn itu, klaim ‘Arab tulen’ dari @Adefsurya kedengaran begitu mengada-ada. #HAMKA
75. Utk membela Ahmadiyah, @Adefsuryamenjelaskan bhw aliran ini dibawa oleh 3 org murid Sumatera Thawalib. #HAMKA
76. Sumatera Thawalib adalah lembaga pendidikan yg dirintis oleh ayahanda #HAMKA dkk.
77. Selain “Tafsir Al-Azhar”, ada 3 buku karya #HAMKA yg menjelaskan ttg Ahmadiyah.lockerz.com/s/136287864
78. Dlm buku “Pelajaran Agama Islam”, #HAMKA menjelaskan ttg sejarah masuknya Ahmadiyah. lockerz.com/s/136287989
79. Di situ, #HAMKA mengatakan bhw Ahmadiyah tdk diacuhkan oleh masy. Sumatera, krn aliran ini anti-jihad.
80. Pdhal, saat itu seruan jihad melawan penjajah membahana di seantero negeri. #HAMKA
81. Dgn kata lain, Ahmadiyah tdk terlibat dlm jihad membebaskan negeri ini. #HAMKA
82. #HAMKA jg menjelaskan ttg 2 org pengurus Muhammadiyah yg sempat terjerat ajarannya.
83. Menurut #HAMKA, kedua org tsb mmg asalnya “Ngabangan”, alias tdk mendalam pemahaman keislamannya.
84. Dlm buku “Pelajaran Agama Islam”, #HAMKA panjang lebar bercerita hingga sampai pd kesimpulan bhw Ahmadiyah itu sesat.
85. Mereka yg mengaku nabi sesudah Rasulullah saw adalah kafir, demikian pula pengikutnya. #HAMKA
86. Pd buku “Ayahku”, #HAMKA jg bercerita ttg interaksi Sang Ayah dgn Ahmadiyah.lockerz.com/s/136288281
87. Di buku itu, #HAMKA mencatat bhw ayahnya pernah menulis buku berjudul “Qaulun Shahih” utk membantah Ahmadiyah.
88. Dlm buku “Hamka Membahas Soal-soal Islam”, jg ada komentar #HAMKA ttg Ahmadiyah. lockerz.com/s/136288455
89. Mnrtnya, Mirza Ghulam Ahmad tdk layak sbg nabi, bahkan sbg mujaddid pun hrs ditolak. #HAMKA
90. Sebab, mujaddid tdk akan mengubah2 ajaran agama. Apalagi merevisi syariat jihad. #HAMKA
91. @Adefsurya jg menyebutkan bhw di jaman #HAMKA, Ahmadiyah hidup aman.
92. Komentar ini memang benar, namun ia lupa menimbang sebabnya. #HAMKA
93. Dlm buku “Pelajaran Agama Islam” dan “Hamka Membahas Soal-soal Islam”, hal ini telah dijelaskan. #HAMKA
94. #HAMKA menyatakan dgn jelas bhw Ahmadiyah adalah agama di luar Islam.
95. Oleh krn itu, sikap kita thd Ahmadiyah sama spt sikap kita thd agama2 lainnya. #HAMKA
96. Dgn kata lain, toleransi diberikan tanpa memberikan pembenaran pd ajaran2 agamanya. #HAMKA
97. Sikap ini jelas berbeda dgn sikap kaum liberalis yg mengusung ‘toleransi’ tanpa kejelasan aqidah. #HAMKA
98. @Adefsurya pun menyindir dgn melihat fakta bhw pd jaman #HAMKA, jilbab besar tdk terlihat.
99. Sayangnya, lagi2 pisau analisisnya sangat tumpul. Tdk ada penelaahan yg mendalam mengenai fenomena yg diteliti. #HAMKA
100. Yg jelas, dalam hal ini kaum liberalis memang menerapkan standar ganda. #HAMKA
101. Jika jilbab dianggap budaya asing, maka bukankah gaya berpakaian terbuka adalah budaya asing juga? #HAMKA
102. Sebagaimana jilbab besar tdk ditemukan di jaman #HAMKA, bukankah tanktop pun tdk ditemukan pd jaman itu?
103. Tapi mengapa kaum liberalis tdk bersikap keras thd tanktop? Adakah hawa nafsu berbicara? #HAMKA
104. Kaum liberalis sering menyuarakan ‘perubahan’. Jadi apa salahnya beralih ke jilbab? #HAMKA
105. Inilah salah satu bentuk sikap #plinplankaum liberalis. Tdk ada sikap yg jelas utk menyikapi relasi antara agama dan budaya. #HAMKA
106. Hari ini, cucu Buya #HAMKA, yaitu Yousran Rusydi, telah menyebut @Adefsurya manipulatif di wall FB.lockerz.com/s/136289250
107. Demikianlah kultwit ‘singkat’ ttg Buya #HAMKA. Semoga Allah melahirkan Hamka-Hamka berikutnya di negeri ini.
108. Semoga kt dpt menarik pelajaran sebanyak2nya dari #HAMKA dan melindunginya dr fitnah keji kaum liberalis.
109. Aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin… Kami bersaksi bhw Buya #HAMKA adalah ulama yg lurus dan telah jalankan tugasnya.
http://twitter.com/malakmalakmal/status/110969461187678208
0 comments:
Post a Comment
Untuk pertanyaan seputar isi kultwit silakan mention akun yang bersangkutan.
Terima kasih..