01. Di awal bulan Juni, beberapa tahun terakhir ini selalu didengungkan masalah ‘kelahiran Pancasila’. #MenyikapiPancasila
02. Belum lama ini jg muncul isu tentang ‘merevitalisasi Pancasila’. #MenyikapiPancasila
03. Para pemimpin bangsa bahkan sempat berkumpul bersama Presiden SBY utk mendiskusikan masalah ini. #MenyikapiPancasila
04. Muncul pula diskusi tentang pentingnya memasukkan kembali pendidikan Pancasila ke dlm kurikulum sekolah. #MenyikapiPancasila
05. Meski demikian, tdk sedikit pihak yg mengatakan bahwa Pancasila tak pernah hilang dr kurikulum. #MenyikapiPancasila
06. Sebagian lainnya memperingatkan agar Pancasila tdk lagi diajarkan secara indoktrinatif spt jaman Orba. #MenyikapiPancasila
07. Ada jg yg bersikap sepenuhnya menolak Pancasila dan menganggapnya sbg produk kemusyrikan. #MenyikapiPancasila
08. Sebagian mengatakan bhw Pancasila lahir pd tgl 1 Juni 1945 dr buah pikiran Soekarno. #MenyikapiPancasila
09. Dlm forum BPUPK saat itu, Soekarno mengusulkan 5 sila. #MenyikapiPancasila
10. (1) Kebangsaan Indonesia, (2) Internasionalisme atau Perikemanusiaan, (3) Mufakat atau demokrasi #MenyikapiPancasila
11. (4) Kesejahteraan Sosial, (5) Ketuhanan. #MenyikapiPancasila
12. Namun sebenarnya, 3 hari sebelumnya, M. Yamin sudah mengusulkan lima sila sbg dasar negara. #MenyikapiPancasila
13. Lima sila usulan M. Yamin itu adalah: (1) perikebangsaan, (2) perikemanusiaan, (3) peri-Ketuhanan #MenyikapiPancasila
14. (4) perikerakyatan, (5) kesejahteraan rakyat. #MenyikapiPancasila
15. Rumusan Soekarno dan M. Yamin bisa dibilang memberikan poin2 yg sama dgn Pancasila yg kita kenal skrg. #MenyikapiPancasila
16. Keduanya pun sama2 menaruh aspek Ketuhanan TIDAK pada poin pertama. #MenyikapiPancasila
17. M. Yamin meletakkannya di posisi ketiga, sedangkan Soekarno memberinya posisi terakhir. #MenyikapiPancasila
18. Dr. Adian Husaini mencatat bahwa ihwal rapat BPUPKI ini memang sangat kontroversial. http://bit.ly/maKCwW#MenyikapiPancasila
19. Dlm buku M. Yamin, “Pembahasan Undang-undang Dasar”, hanya ada 3 pidato yg didokumentasikan. #MenyikapiPancasila
20. Pdhl, dlm rapat tsb, sekitar 30 orang menyampaikan orasinya. #MenyikapiPancasila
21. Notulen rapat disimpan oleh RP Suroso, lalu dipinjam Adinegoro, kemudian dipinjam M. Yamin. #MenyikapiPancasila
22. Konon, notulen tsb dipinjam utk diedit sehingga bisa diterbitkan. Nyatanya sampai kini tdk ditemukan. #MenyikapiPancasila
23. Pancasila bukanlah hasil rumusan Soekarno seorang. Banyak tokoh2 Islam di BPUPKI. #MenyikapiPancasila
24. Di antara tokoh2 Islam tsb adalah KH Wahid Hasyim dan H Agus Salim. #MenyikapiPancasila
25. Mr. Moh. Roem pernah memperingatkan bahaya kultus pribadi dlm menafsirkan Pancasila. #MenyikapiPancasila
26. Di masa Orde Lama, misalnya, tafsiran Soekarno dianggap sbg tafsir tunggal Pancasila. #MenyikapiPancasila
27. Suatu ketika, Soekarno berkata bahwa Pancasila bisa ‘diperas’. #MenyikapiPancasila
28. Setelah ‘diperas’, Pancasila bisa dirumuskan dlm dua kata: “Gotong Royong”. #MenyikapiPancasila
29. PKI juga punya penafsiran sendiri. ‘Ketuhanan Yang Maha Esa’ diartikan ‘kebebasan beragama’. #MenyikapiPancasila
30. Dan ‘kebebasan beragama’ dimaknai sbg ‘kebebasan utk beragama atau tidak beragama’. #MenyikapiPancasila
31. Dlm hal ini, penafsiran PKI thd kebebasan beragama sejalan dgn JIL. Coincidence? #MenyikapiPancasila
32. Yg perlu kita pahami kini adalah bhw Pancasila sejak awal hny didesain sbg dasar negara, bkn asas tunggal. #MenyikapiPancasila
33. Pancasila adalah dasar dari kehidupan bernegara, bukan prinsip yg bisa mendominasi agama. #MenyikapiPancasila
34. Singkatnya, Pancasila adalah kerangka kerja bersama, bukan alat utk menindas. #MenyikapiPancasila
35. Buya Hamka mengkritik keras sikap Soekarno yg ‘memeras’ Pancasila jadi “Gotong Royong”. #MenyikapiPancasila
36. Menurut Buya Hamka, akar tunggang Pancasila adalah sila pertamanya. #MenyikapiPancasila
37. Karena Ketuhanan itulah muncul konsep2 kemanusiaan, persatuan, musyawarah dan keadilan sosial. #MenyikapiPancasila
38. Ketuhanan Yang Maha Esa jelas keliru bila ditafsirkan sbg ‘kebebasan utk tdk beragama’. #MenyikapiPancasila
39. Justru, sila pertama menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yg religius. #MenyikapiPancasila
40. Penghayatan akan keberadaan dan kekuasaan Tuhan itulah yg melahirkan konsep2 berikutnya. #MenyikapiPancasila
41. Kemanusiaan yg dipahami dlm Pancasila haruslah kemanusiaan yg mengakui Ketuhanan. #MenyikapiPancasila
42. Artinya, kemanusiaan yg dimaksud bukanlah yg membebaskan manusia dr segala aturan. #MenyikapiPancasila
43. Persatuan yg dimaksud dlm Pancasila adalah persatuan yg mengakui Ketuhanan, bukan fasisme. #MenyikapiPancasila
44. Musyawarah utk mufakat juga tdk terlepas dari konsep Ketuhanan. #MenyikapiPancasila
45. Karena itu, tak ada musyawarah utk memaksa Muslimah melepas jilbab, misalnya. #MenyikapiPancasila
46. Tak ada pula musyawarah dalam membakar rumah ibadah. Itu adalah musyawarah yg tak berketuhanan. #MenyikapiPancasila
47. Keadilan sosial harus dipahami dlm kerangka Ketuhanan. Tdk ikut kapitalisme, tdk juga komunisme. #MenyikapiPancasila
48. Oleh karena itu, para ulama besar seperti Buya Hamka dan Moh. Natsir tdk menolak Pancasila. #MenyikapiPancasila
49. Yang menimbulkan tirani di masa lalu adalah penafsiran sekuler thd Pancasila. #MenyikapiPancasila
50. Dari sini, patut kita camkan pendapat Buya Hamka ttg sila pertama dan hubungannya dgn umat Islam. #MenyikapiPancasila
51. Retorika beliau: “Umat mana lagi yg lbh paham sila pertama ini drpd umat yg ber-Tauhid?” #MenyikapiPancasila
52. Oleh karena itu, kata beliau, jangan kuliahi umat Islam dgn Pancasila, karena kitalah yg paling paham. #MenyikapiPancasila
53. Kata2 tajam Buya Hamka itu beliau ucapkan krn Orla dan Orba selalu menindas umat Islam dgn alasan Pancasila. #MenyikapiPancasila
54. Dengan ‘pisau bedah’ sekularisme, Pancasila bisa ditafsirkan semaunya. #MenyikapiPancasila
55. Misalnya, sekali lagi, sila pertama ditafsirkan sbg kebebasan utk tidak beragama. #MenyikapiPancasila
56. Sila kedua ditafsirkan sbg humanisme yang antroposentris (menjadikan manusia sbg ukuran kebenaran). #MenyikapiPancasila
57. Sila ketiga ditafsirkan sbg nasionalisme buta; right or wrong it’s my country. #MenyikapiPancasila
58. Sila keempat ditafsirkan sbg pembenaran bhw semua bisa dibikin kesepakatan, termasuk soal agama. #MenyikapiPancasila
59. Sila kelima ditafsirkan sbg kebebasan utk berkompetisi dlm konsep kapitalis, atau pemerataan dlm konsep komunis. #MenyikapiPancasila
60. Semua penafsiran menyimpang tsb bisa muncul justru karena Pancasila tdk memiliki worldview yg kokoh. #MenyikapiPancasila
61. Bagaimana jika kita gunakan Islam utk menafsirkan Pancasila? Lain lagi ceritanya. #MenyikapiPancasila
62. Karena Islam adalah worldview yg kokoh, maka ia memiliki perangkat yg cocok utk menafsirkan Pancasila. #MenyikapiPancasila
63. Sebagaimana kata Buya Hamka tadi, kita tak perlu diajari lg makna sila pertama. Sudah paham semua. #MenyikapiPancasila
64. Kemanusiaan pada sila kedua kita pahami sbg kemanusiaan yg sesuai dgn ajaran Islam. #MenyikapiPancasila
65. Artinya, kita memandang manusia sbg makhluk yg berhak akan kemuliaan, namun jg bertanggung jawab. #MenyikapiPancasila
66. Manusia bukan Tuhan, bukan pula hewan atau mesin. (Lihat kultwit #PsikologiIslam). #MenyikapiPancasila
67. Persatuan pada sila ketiga dpt kita pahami sbg rasa kebangsaan yg merupakan fitrah manusia. #MenyikapiPancasila
68. Kebangsaan tsb tdk membuat kita cuek dgn kondisi di luar negeri, misalnya. #MenyikapiPancasila
69. Rasa kebangsaan jg tdk membuat kita merasa tidak bersaudara dgn bangsa2 lainnya. #MenyikapiPancasila
70. Jika kita ikuti worldview Islam, maka keragaman bangsa dimaksudkan utk saling mengenal (QS.49:13). #MenyikapiPancasila
71. Musyawarah jg kita pahami dlm kerangka ajaran Islam. Ada hal2 yg bisa dimusyawarahkan, ada yg tdk. #MenyikapiPancasila
72. Utk musyawarah pun ada adab. Harus dgn alasan yg logis, bukan sekedar hawa nafsu. #MenyikapiPancasila
73. Keadilan sosial kita pandang dlm kerangka ajaran Islam, baik kebebasan maupun pemerataannya. #MenyikapiPancasila
74. Kita dapat melihat dgn jelas betapa Islam mampu menafsirkan Pancasila dgn sangat baik. #MenyikapiPancasila
75. Oleh karena itu, masalahnya bukanlah Pancasila itu sendiri, melainkan penafsirannya. #MenyikapiPancasila
76. Kenapa penafsiran sekuler selalu mendominasi? Itulah yg harus kita timbang baik2. #MenyikapiPancasila
77. Seperti kata Moh. Natsir, Pancasila justru mendapatkan ‘nyawa’ jika ditafsirkan oleh Islam. #MenyikapiPancasila
78. Sebaliknya, tanpa worldview Islam, Pancasila menjadi hambar, hilang arah, bahkan terombang-ambing. #MenyikapiPancasila
79. Semoga kultwit singkat ini bisa menambah wawasan kita seputar perdebatan umat Islam ttg #MenyikapiPancasila.
80. Semoga kultwit ini menambah keyakinan kita akan kesempurnaan ajaran Islam. #MenyikapiPancasila
81. Dan semoga umat Islam negeri ini tdk lagi merasa takut utk menyatakan keyakinannya. Aamiin.. #MenyikapiPancasila
-@malakmalakmal
10 June, 2011
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment
Untuk pertanyaan seputar isi kultwit silakan mention akun yang bersangkutan.
Terima kasih..