i.Kmrn kita tlah mengenal apa itu Positioning--> "Sesuatu yg terjd pd benak konsumen, bkn pd produk Anda".#YEAmarket
ii.Pertyannya: Bgmn menemukan positioning yg tepat? Berikut adlh metode yg mudah dimengerti u/ menemukan positioning... #YEAmarket
iii.Alurnya: SpecificTargeting-->DoubleSWing-->Differentiating-->Positioning. Jgn takut dg istilahnya, kita buat simple! #YEAmarket
1.Specific targeting; tentukan spesifik target pasar Anda, kriteria keinginan2 & kebiasaan mrk. Smakin detail, smakin bagus. #YEAmarket
1a.Contoh1: min SMU, 17-25thn, single, bkn karyawan, klas A,B,C, IQ 120 keatas, suka kebebasan, komunikatif. #YEAmarket
1b.Contoh2: wanita karir, 25-45th, kasual, mandiri, karyawan/profesional, klas A,B, cuek, gengsi. #YEAmarket
1c.Smakin detail Anda bisa mendeskripsikan Spesifik Target Pasar Anda, smakin mudah Anda membidiknya. #YEAmarket
1d.smakin tergambar dg jelas SIAPA mrk, DIMANA mrk biasa 'hang around' & MENGAPA mrk tertarik dg produk Anda! #YEAmarket
1e.Selanjutnya, dr target tsb hrs kita ketahui "Apa KRITERIA produk/servis yg mrk INGINKAN?". Hal ini didpt dr survei. #YEAmarket
1f.Cth: Cinta menyukai lelaki yg: 1.Ganteng;2.Punya Rumah;3.Penghasilan min 20jt/bln;4.Kebapakan;5.Sedikit cuek;6.Berkaca mata. #YEAmarket
1g.Nah, kriteria itu msh dangkal tanpa data prosentasi atau prioritas mana yg terpenting & yg tak terpenting. #YEAmarket
1h.Maka dr itu, kt hrs memasukkan elemen prioritas dlm survei. Dg cara meminta urutan dr yg terpenting hingga yg tak terpenting. #YEAmarket
1i.Misal, dr cnth diatas, didpt urutan: 3-2-5-1-4-6. Semua data itu bs didptkan dg membagikan kuesioner(kuantitatif) / diskusi(kualitatif). #YEAmarket
1j.Jk perush kt msh kecil&tak mgkn melakukan survei scr akurat, lakukan scr kualitatif. Caranya dg membentuk kelompok diskusi. #YEAmarket
1k.Misal: kumpulkan 5 org tim diskusi yg mewakili (serupa) dg target pasar kita. Lakukan diskusi u/ mendapatkan data2 diatas. #YEAmarket
2.Double SWing;memetakan persaingan & posisi kita thd pesaing. Mirip spt SWOT, tp sy lbh suka menggunakan Double SW. #YEAmarket
2a.Double SW(Strength&Weakness) artinya, memetakan SW kompetitor & SW kt-->thdp Kriteria&Prioritas (Needs) Target Pasar kt. #YEAmarket
2b.Misal, Peter memiliki 'S' dimata Cinta: ganteng, berkaca mata, py rumah. 'W'nya: terlalu perhatian, kekanakan, gaji 10jt/bln. #YEAmarket
2c.Elang,memiliki 'S' dimata Cinta:ganteng,cuek,py rumah,penghasilan 35jt/bln(pengusahahaha).'W' nya: kekanakan,tak berkaca mata. #YEAmarket
2d.Nah, dr situ kt dptkan peta persaingan antara mrk berdua dimata Cinta! Mnrt Anda, apa kelebihan Elang dibanding Peter? #YEAmarket
2e.Jk tingkat kompetisi msh rendah, maka kita bisa gunakan KEUNGGULAN BERSAING! Contohnya adlh kasus Peter & Elang. #YEAmarket
2f.Jk tingkat kompetisi terlalu tinggi(byk), kt hrs gunakan DIFERENSIASI. Tp ingat, Berbeda itu Mahal! Krn perlu edukasi pasar. #YEAmarket
3.Differentiating; menemukan celah u/ memenangkan persaingan! (diferensiasi=perbedaan). #YEAmarket
3a.Sblm kita lanjut ke materi berikutnya, coba buka kembali materi sblmnya ttg 'Double SWing'.... #YEAmarket
3b.Apa 'keunggulan bersaing' Elang yg tak dimiliki oleh Peter --> dimata Cinta? Jwbnya: Cuek & Penghasilan 35 jt/bln. #YEAmarket
3c.Dari 2 keunggulan tsb, berdasarkan prioritasnya adlh 'Penghasilan min 20jt/bln', baru kmdn 'cuek'. #YEAmarket
3d.Jk ternyata kompetisinya sgt ketat & tak ada celah u/ menang dr 'keunggulan bersaing', barulah kita gunakan diferensiasi. #YEAmarket
3e.Diferensiasi bs di 2 hal: 1.Konten; pd produknya 2.Konteksnya; pd kemasan atau 'deliverinya'. #YEAmarket
3f.Konten, sgl sesuatu yg berhubungan dg produknya. Contoh: lbk gurih, variasi rasa, material, kualitas, kandungan, dll. #YEAmarket
3g.Konteks, sgl sesuatu yg berhubungan diluar konten, spt kemasan, atmosfer, model, hiasan, image, servis, dll. #YEAmarket
3h.Bisa jd produk dg konten yg sama, dg kemasan beda, hrgnya jd beda. Contoh: Gula curah vs 'GULAKU'; nasgor kaki 5 & bgt 5. #YEAmarket
3i.Contoh lagi: apa bedanya maskapai Garuda vs lainnya? Pswt yg sama, bisa beda harga! Kopi di warkop vs Starbuck? #YEAmarket
3j.Bisa dikatakan dg bermain diferensiasi di 'konteks' menaikkan 'nilai jual' & profit produk/ jasa Anda! #YEAmarket
4.Positioning; memposisikan di benak konsumen. #YEAmarket
4a.Msh ingat awal materi ttg apa itu positioning? Sesuatu yg terjadi pd benak konsumen, bkn semata pd produk Anda. #YEAmarket
4b.Dari keunggulan bersaing atau diferensiasi yg Anda dptkan dr proses diatas, pilih 1 atau 2 yg terbesar prioritasnya. #YEAmarket
4c.Dlm kasus Elang, post-nya: Gaji diatas 20jt & Cuek. Nah inilah yg harus dikomunikasikan di benak Cinta. Caranya? PROMOSI! #YEAmarket
4d.Positioning bs dikomunikasikan dlm bentuk tagline spt "Always Coca Cola" atau "Apapun.... Minumannya Teh Botol Sosro"#YEAmarket
4e.Tentu saja pemilihan tagline harus selaras dg positioning & dg bahasa yg 'kena' atau 'nancap' di benak konsumen. #YEAmarket
4f.Sampai disini Anda tlah mendapatkan strategy u/ memenangkan persaingan, selanjutnya adlh meng-KAMPANYE-kan strategy Anda. #YEAmarket
4g.Promosi adalah mengkampanyekan positioning! Ikuti episode berikutnya: "Creative Promotion".... Info ke kawan2 yaa... #YEAmarket
26 May, 2011
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment
Untuk pertanyaan seputar isi kultwit silakan mention akun yang bersangkutan.
Terima kasih..