01. Islamisasi ilmu pengetahuan adalah salah satu isu penting di masa kini. #PsikologiIslam
02. Prof. Naquib al-Attas, misalnya, sangat concern pada masalah ini, krn menyangkut masalah 'adab. #PsikologiIslam
03. Namun kalangan sekularis-liberalis kerap kali mencemooh ide2 Islamisasi ilmu pengetahuan ini. #PsikologiIslam
04. Mnrt #mereka, ilmu pengetahuan itu netral, bebas nilai, jadi tak perlu ‘diislamkan’. #PsikologiIslam
05. Kadang #mereka menggambarkan Islamisasi ilmu pengetahuan dgn gambaran2 yg merendahkan. #PsikologiIslam
06. Misalnya, roket ‘diislamkan’ dengan memasang stiker ayat2 Qur’an di dalamnya. #PsikologiIslam
07. Padahal, isu2 yg menyangkut Islamisasi ilmu pengetahuan jauh lebih esensial drpd hal semacam itu. #PsikologiIslam
08. Kawan saya, ust Budi Handrianto, sdh menulis buku berjudul “Islamisasi Sains” (dapatkan di @malamibookstore). #PsikologiIslam
09. Tgl 18-19 Mei lalu telah diadakan International Seminar on Islamic Education di Univ Ibn Khaldun, Bogor. #PsikologiIslam
10. Pada sesi pertama di hari pertama, bisa dikatakan bintangnya adalah Prof. Malik Badri dari Sudan. #PsikologiIslam
11. Prof. Malik Badri adalah tokoh #PsikologiIslam yg sudah dikenal di dunia internasional.
12. Uraian beliau ttg #PsikologiIslam layak disimak utk memahami sbrp pentingnya Islamisasi ilmu pengetahuan tsb.
13. Di awal makalahnya, Prof. Malik menjelaskan ttg pentingnya menolak pemikiran sekuler yg antiagama. #PsikologiIslam
14. Prof. Malik menaruh perhatian sangat besar pada masalah worldview (cara pandang thd dunia). #PsikologiIslam
15. Tdk ada masyarakat yg bisa eksis di dunia tanpa kesamaan worldview. Minimal mayoritas anggotanya. #PsikologiIslam
16. Worldview yg dianut masyarakat akan menentukan pola hub sosial manusia. #PsikologiIslam
17. Worldview jg akan menentukan penentuan nilai benar dan salah dlm suatu masyarakat. #PsikologiIslam
18. Krn itu, worldview jelas menentukan corak pemahaman manusia thd unsur2 psikologis dlm diri manusia sendiri. #PsikologiIslam
19. Sbg contoh, worldview Islam tdk membenarkan bunuh diri. Worldview lain belum tentu. #PsikologiIslam
20. Inti dari worldview adalah pertanyaan2 abadi yg dihadapi oleh seluruh manusia tanpa kecuali. #PsikologiIslam
21. Pertanyaan2 tsb adalah seputar hakikat diri manusia, dr mana ia berasal, dan ke mana ia menuju. #PsikologiIslam
22. Pertanyaan2 ini pd gilirannya akan menyentuh masalah hakikat hidup, benar-salah, kehidupan akhirat dll. #PsikologiIslam
23. Apakah manusia itu makhluk yg hidup utk dirinya sendiri? Atau ia punya tujuan yg lbh mulia? #PsikologiIslam
24. Apakah manusia hidup hanya utk saat ini? Atau ia harus mempersiapkan bekal utk di kehidupan berikutnya? #PsikologiIslam
25. Apakah manusia inginkan kehidupan yg baik di akhirat? Ataukah akhirat hanya khayalan belaka? #PsikologiIslam
26. Beda worldview, tentu beda jawabannya. Jawaban Islam berbeda dgn jawaban sekuler. #PsikologiIslam
27. Akan tetapi, semua worldview pastilah berusaha menjawab pertanyaan2 tsb. #PsikologiIslam
28. Cara masyarakat itu menjalani hidupnya juga mencerminkan worldviewnya. #PsikologiIslam
29. Sbg psikolog, Prof. Malik mengingatkan bhw ada kondisi seragam pada semua anak manusia di seluruh dunia. #PsikologiIslam
30. Biasanya di usia 4 tahun, anak akan mengajukan pertanyaan2 yg sulit dijawab oleh orang tua. #PsikologiIslam
31. Pertanyaan2 tsb adalah seputar masalah2 filosofis di atas. Ini fitrah bagi seluruh manusia. #PsikologiIslam
32. Jadi, memiliki kesadaran spiritual semacam itu adalah hal yg lazim utk makhluk yg berjenis manusia ini. #PsikologiIslam
33. Prof. Malik jg mengingatkan sebuah hadits yg menyatakan bhw semua bayi yg lahir ke dunia dlm keadaan fitrah. #PsikologiIslam
34. Hadits tsb jg mengatakan bhw orangtuanyalah yg menjadikan mrk Yahudi, Nasrani dan Majusi. #PsikologiIslam
35. Maka kita memahami mengapa semua anak memiliki kesadaran spiritual yg sama. #PsikologiIslam
36. Di sisi lain, pada usia dini pulalah manusia mengalami indoktrinasi yg menyimpangkan mrk dr fitrahnya. #PsikologiIslam
37. QS. 7:172 jg menjelaskan bhw jiwa2 manusia pernah mempersaksikan Allah sbg Rabb mrk. #PsikologiIslam
38. Itulah sebabnya ‘menjadi hamba’ adalah fitrah bg setiap manusia. #PsikologiIslam
39. Jika ingin menjadi manusia seutuhnya, maka manusia hrs menghamba kpd Allah. #PsikologiIslam
40. Adapun yg menolak menjadi hamba Allah tdk otomatis menjadi makhluk yg independen. #PsikologiIslam
41. Kalau tdk jd hamba Allah, ia akan jadi hamba partai, hamba ormas, hamba orang lain, hamba uang, dll. #PsikologiIslam
42. Sebagaimana Dr. Adian Husaini, Prof. Malik menarik benang merah sekularisme hingga ke abad pertengahan. #PsikologiIslam
43. Hegemoni Gereja pd masa2 itu menimbulkan trauma berkepanjangan pada masyarakat Eropa. #PsikologiIslam
44. Karena itu, masyarakat Barat memutuskan utk menjadi sekuler total. Agama disumbat di mana-mana. #PsikologiIslam
45. Bertrand Russell, salah satu pemikir berpengaruh di Barat, sbg contoh, memiliki pandangan yg sangat antiagama. #PsikologiIslam
46. Menurutnya, semakin kuat kepercayaan dogmatis thd agama, semakin besar pula kerusakan yg diakibatkannya. #PsikologiIslam
47. Itulah sebabnya org2 sekuler selalu mengidentikkan agama dgn fanatisme, kebencian, radikalisme dll. #PsikologiIslam
48. Psikologi yg dikembangkan oleh Sigmund Freud dkk sepenuhnya menunjukkan ciri sekuler. #PsikologiIslam
49. Lahirlah paham behaviorism yg menganggap bhw manusia hanya mampu berikan respon thd stimuli dr lingkungannya. #PsikologiIslam
50. Dgn kata lain, manusia tdk ubahnya seperti hewan. Diberi makan senang, dicambuk lari. #PsikologiIslam
51. Freud sendiri pernah mengatakan bhw Tuhan dlm pikiran manusia hanyalah bayangan belaka. #PsikologiIslam
52. Ada 3 cara pandang thd manusia yg dibawa oleh sekularisme, mnrt makalah Prof. Malik Badri. #PsikologiIslam
53. Pertama, worldview sekuler telah ‘menghewankan’ manusia, yaitu menyamakan manusia dgn hewan. #PsikologiIslam
54. Berkat teori evolusi Darwin, masy. sekuler Barat percaya bhw manusia tdk lain adalah jenis hewan. #PsikologiIslam
55. Watson, salah seorang tokoh psikologi sekuler lainnya, punya pandangan ekstrem dlm hal ini. #PsikologiIslam
56. Mnrtnya, ketika mendeskripsikan manusia, kita hrs gunakan istilah2 yg sama spt ketika menceritakan seekor sapi. #PsikologiIslam
57. Sebab, pada hakikatnya manusia dan sapi adalah hewan (menurut Watson). Hanya perilakunya saja yg beda. #PsikologiIslam
58. Cara pandang kedua adalah ‘mempertuhankan’ manusia. Kelihatan kontradiktif dgn yg pertama, tp sebenarnya tidak. #PsikologiIslam
59. Dgn ‘menghewankan’ manusia, maka tdk ada lg tanggung jawab. Krn ia hanya hewan yg penuhi kebutuhan sendiri. #PsikologiIslam
60. Syahwat perut dan kemaluan hanyalah kebutuhan alami yg boleh dipenuhi dgn cara apa saja. #PsikologiIslam
61. Dgn ‘mempertuhankan’ manusia, maka ia bkn hanya tak perlu bertanggung jawab, tp jg menentukan kebenaran sendiri. #PsikologiIslam
62. Pd akhirnya, kebenaran tidak lain hanyalah kesepakatan. #PsikologiIslam
63. Penganut behaviorism percaya bhw manusia dibentuk oleh lingkungannya semata. #PsikologiIslam
64. Itulah sebabnya org2 sekuler yakin bhw kita jadi Muslim hanya karena orang tua kita Muslim. #PsikologiIslam
65. Oleh krn itu, agama tdk menentukan kebenaran. Sebab agama yg kita anut cuma masalah ‘kebetulan’. #PsikologiIslam
66. Setelah ‘menghewankan’ manusia dan ‘mempertuhankannya’, worldview sekuler kemudian ‘memesinkan’ manusia. #PsikologiIslam
67. Pd tahap ini, manusia sudah benar2 dianggap sbg benda mati yg punya mekanisme semu. #PsikologiIslam
68. Layaknya mesin, jika sudah merongrong pemiliknya krn sudah aus atau sering rusak, maka ia perlu diganti. #PsikologiIslam
69. Oleh krn itu, org2 sekuler jg memandang sesama manusia dgn logika yg sama. #PsikologiIslam
70. Kita bs lihat sikap Hitler thd org2 cacat, renta, sakit keras, sakit jiwa atau terbelakang. #PsikologiIslam
71. Dlm pandangan ekstrem ala Hitler, org2 semacam itu tak lagi ada gunanya. Maka mrk dianggap disposable. #PsikologiIslam
72. Demikian pula pemikiran yg dikembangkan di negara2 komunis, manusia hny mesin penggerak ekonomi. #PsikologiIslam
73. Di negara2 semacam itu, rasa takut ditebar semata2 utk membuat manusia patuh. #PsikologiIslam
74. Kalau sudah patuh, mudah diarahkan kemana2. Mereka hanya alat, tidak lebih. #PsikologiIslam
75. Kita telah melihat bagaimana worldview sekuler membentuk pemikiran psikologi radikal ala Freud. #PsikologiIslam
76. Pemikiran Freud memang sempat dominan. Tp kenyataannya skrg sudah mulai ditinggalkan. #PsikologiIslam
77. Ironisnya, paham sekuler, yg merupakan akar dr logika Freud, justru dikembangkan oleh sebagian umat Muslim. #PsikologiIslam
78. Teori ‘survival of the fittest’ ala Darwin dibela secara ngotot oleh org2 sekuler spt Luthfi Assyaukanie. #PsikologiIslam
79. Sebab, teori Darwin-lah salah satu tonggak kuat penyokong sekularisme di Barat. #PsikologiIslam
80. Sementara itu, Islam punya cara pandang yg khas thd manusia. #PsikologiIslam
81. Manusia itu fitrahnya sejalan dgn ajaran Islam. Ini berlaku tanpa kecuali. #PsikologiIslam
82. Manusia cenderung pada kebenaran. Mrk bs saja salah menentukan mana yg benar, tp kecenderungan itu ada. #PsikologiIslam
83. Oleh krn itu, manusia bukan makhluk yg hidup hanya utk kebutuhan jasmaninya. Ada motif penggerak lain. #PsikologiIslam
84. Manusia jg punya rasa kasih sayang pd sesama yg tak bisa ‘di-mekanis-kan’. #PsikologiIslam
85. Kasih sayang tsb tak bisa dihapus hanya oleh kewarganegaraan, atau krn yg disayanginya itu cacat fisik. #PsikologiIslam
86. Biarpun suka ngompol dan nggak mau diem, fitrah manusia tetaplah menyayangi anaknya. #PsikologiIslam
87. Biarpun sakit dan menuntut banyak perhatian dr kita, fitrah manusia tetaplah menyayangi orang tuanya. #PsikologiIslam
88. Biarpun terbelakang atau sakit jiwa, manusia tetap menyayangi saudaranya. Sebab kasih sayang itu tdk mekanis. #PsikologiIslam
89. Dipaksakan seperti apa pun, pertanyaan2 filosofis dan spiritual pasti menggayuti benak manusia. #PsikologiIslam
90. Percuma menyangkal Tuhan, karena manusia hanya bahagia jika menghamba kepada-Nya. #PsikologiIslam
91. Percuma merelatifkan kebenaran, krn jiwa manusia pasti tahu bahwa kebenaran itu absolut. #PsikologiIslam
92. Segala hal yg dipaksakan utk menentang fitrah manusia pastilah akan membawa pd kesengsaraan hidup. #PsikologiIslam
93. Untuk memahami fitrah manusia, maka haruslah merujuk pada keterangan2 dari Sang Pencipta manusia. #PsikologiIslam
94. Demikianlah sedikit uraian ttg #PsikologiIslam dan konsekuensi luas yg ditimbulkannya.
95. Semoga kita terlindung dari worldview2 sesat yg bikin hidup susah di dunia dan sengsara di akhirat. Aamiin.. #PsikologiIslam
27 May, 2011
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment
Untuk pertanyaan seputar isi kultwit silakan mention akun yang bersangkutan.
Terima kasih..